Evaluasi Kinerja Unit Koagulasi Flokulasi Pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Industri Penyamakan Kulit di Garut

Aulia Nurkomala, Dini Nurdiani, Latifa Dawa Padmadinata, Mega Nurjannah Ahmad, Herawati Budiastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini menentukan dosis koagulan dan flokulan optimum serta kecepatan putar optimum unit koagulasi flokulasi pada skala laboratorium dan mengaplikasikan hasil optimasi tersebut pada skala industri. Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan dengan menggunakan air limbah Industri Penyamakan Kulit di Garut dan penelitian dilaksanakan pada skala laboratorium menggunakan metode jar test. Koagulan yang digunakan adalah Poly Aluminium Chloride (PAC) 5.000 ppm dan flokulan polimer 1.000 ppm. Dosis optimum ditentukan dari persen penurunan kekeruhan, tinggi endapan yang terbentuk, dan berat endapan kering tertinggi per volume endapan. Dosis optimum koagulan dan flokulan hasil laboratorium untuk sampel sebanyak 500 ml yaitu 10 ml koagulan PAC 5.000 ppm dan 4 ml flokulan polimer 1.000 ppm. Kecepatan putaran optimum proses flokulasi yaitu 60 rpm atau setara dengan 0,3768 m/s dengan kecepatan putaran tetap 100 rpm pada proses koagulasi. Hasil nilai parameter skala laboratorium pada penelitian ini telah memenuhi baku mutu yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 mengenai baku mutu air limbah industri penyamakan kulit kecuali nilai TSS (hasil penelitian sebesar 105 mg/l sedangkan baku mutu sebesar 60 mg/l).

Full Text:

PDF

References


Kristijarti, A Prima, Suharto, Ign., Marienna. 2013. Penentuan Jenis Koagulan dan Dosis Optimum untuk Meningkatkan Efisiensi Sedimentasi dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah Pabrik Jamu X. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Margaretha, Rizka Mayasari, Syaiful, Subroto. 2012. Pengaruh Kualitas Air Baku Terhadap Dosis dan Biaya Koagulan Aluminium Sulfat dan Poly Aluminium Chloride. Palembang. Jurnal Teknik Kimia Vol. 18, No. 4

Wardhani.E, Mila Dirgawati, Dadan Fikriansyah Astadipura. 2012. Penentuan Jenis dan Dosis Koagulan dalam Mengolah Air Limbah Industri Penyamakan Kulit. Bandung. Institut Teknologi Nasional.

Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Pemerintah Kabupaten Garut, 2012.“Kajian Tempat Pengolahan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Sukaregang Kabupaten Garut”. Kabupaten Garut: DPLH.

Mann, I. 1981. “Teknik Penyamakan Kulit”. Diterjemahkan Oleh : Muljono. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.