Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Menggunakan Parut Kelapa Terkombinasi dengan Bantuan Enzim Buah Sirsak dan Ultrasonografi Kimia

Mustafa Mustafa, Muh. Irwan, Faisyal Faisyal

Abstract


Salah satu metode alternatif dalam pembuatan VCO adalah dengan bantuan gelombang ultrasonik. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan hasil yield VCO dengan bantuan ultrasonik dan tanpa bantuan ultrasonik, serta mengetahui pengaruh waktu ultrasonik terhadap jumlah yield dan kandungan VCO yang dihasilkan. Pembuatan VCO dilakukan dengan metode ultrasonik menggunakan suhu 30°C dan frekuensi 40 kHz dengan variasi waktu ultrasonik 0, 10, 20, 30, 40, 50, 60 dan 70 menit. Minyak yang dihasilkan dihitung yield dan dianalisis mutunya. Analisis yang dilakukan meliputi organoleptik, denstitas, pH, kadar air, asam lemak bebas dan angka peroksida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ultrasonik dapat digunakan untuk memecah emulsi pada santan. Variasi waktu ultrasonik yang digunakan mempengaruhi yield yang dihasilkan. Sifat fisika dan kimia VCO dengan yield tertinggi sesuai dengan ketentuan SNI. VCO yang dibuat dengan metode ultrasonik memiliki yield tertinggi dibandingkan dengan tanpa bantuan ultrasonik. Kondisi operasi yang menghasilkan VCO dengan bertambahnya waktu ultrasonik, maka kadar air semakin kecil, berat jenis semakin besar, asam lemak bebas semakin kecil,angka penyabunan semakin besar dan rendemen meningkat dengan waktu ultrasonik secara enzimatis yang paling optimum untuk membuat Virgin Coconut Oil (VCO) dengan ekstrak Sirsak 4 ml dan krim santan 200 ml terbaik adalah 60 menit yang mempunyai rendemen sebesar 64,5 %. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa VCO tanpa dan dengan bantuan gelombang ultrasonik menghasilkan yield sebanyak 20,6055% dan 25,3371% pada frekuensi 42 kHz.

Full Text:

PDF

References


Anugrah, R. 2011. Minuman Santan Kelapa (Cocos Nucifera L.) Rendah Lemak dengan Penambahan Ekstrak daun Stevia Rebaudiana sebagai Produk Diversifikasi Pangan Berbasis Santan Kelapa. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Badan Standardisasi Nasional. 2008. Minyak Kelapa Virgin (VCO). SNI 7381 : 2008.

Dinas Perkebunan Samarinda. 2016. Komoditi Kelapa. http://disbun.kaltimprov.go.id. Diakses pada tanggal 2 Maet 2016. Pukul 10.30 WITA.

Handayani, R., Joko Sulistyo dan Rina Dwi Rahayu. 2009. Extraction of Virgin Coconut Oil (Cocos Nucifera L.) through Fermentation System. Biodiversitas, Journal of Biological Diversity.

Hairi, M. 2011. Pengaruh Umur Buah Nanas dan Konsentrasi Ekstrak Kasar Enzim Bromelin pada Pembuatan Virgin Coconut Oil dari Buah Kelapa Typical (Cocos Nucifera L.). Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Malang : Universitas Islam Negeri Malana Malik Ibrahim.

Haryadi, W. 2013. Perancangan Mesin Pemeras Santan. Universitas Pasundan : Teknik Mesin.

Ketaren, S. 2008. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Muchtar, R. 2011. Pemanfaatan Teknologi Gelombang Ultrasonik dalam Proses Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jelantah. Jurusan Teknik Kimia : Politeknik Negeri Samarinda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.