Pembuatan Asap Cair dari Tempurung Kelapa dengan Metode Pirolisis

Khalimatus Sa’diyah, Profiyanti Hermien Suharti, Nanik Hendrawati, Ivan Nugraha, Nur Ahmad Febrianto

Abstract


Ketersediaan limbah tempurung kelapa sangat potensial diolah menjadi asap cair. Asap cair diperoleh dari kondensasi asap tempurung kelapa proses pirolisis. Pada penelitian ini dilakukan percobaan dengan pengaruh variasi temperatur, waktu pemanasan dan ukuran partikel terhadap pirolisis tempurung kelapa menjadi asap cair. Variasi suhu yang digunakan adalah 150°C, 200°C dan 250°C, sedangkan waktu pemanasan yang digunakan adalah 30 menit, 45 menit dan 60 menit dan ukuran partikel bahan 14/18; 18/26; 26/0 mesh. Penelitian ini menggunakan bahan tempurung kelapa yang sudah digiling dan diayak sebanyak 500 gram. Proses pirolisis dilakukan menggunakan reaktor semi batch stainless steel unstirred operasi pada tekanan 1 atmosfer yang dilengkapi dengan kolom kondensor sebagai pendingin. Hasil asap cair dianalisa berat asap cair, volume asap cair, densitas asap cair, viskositas asap cair, dan pH. Perubahan suhu, waktu pirolisis dan ukuran bahan dapat mempengaruhi jumlah volume asap cair yang dihasilkan. Semakin besar suhu yang digunakan maka semakin banyak volume asap cair yang dihasilkan, semakin lama waktu proses pirolisis maka semakin banyak volume asap cair dan semakin kecil ukuran partikel bahan maka semakin banyak volume asap cair. Dalam penelitian ini volume asap cair dari tempurung kelapa yang paling dihasilkan adalah pada variabel suhu 250°C, waktu pemanasan 60 menit dengan ukuran 26/0 mesh yaitu sebanyak 226 ml (46,1582%).

Full Text:

PDF

References


Luditama, Candra. 2006. Isolasi dan Pemurnian Asap Cair Berbahan Dasar Tempurung dan Sabut Kelapa Secara Pirolisis dan Distilasi. Laporan Skripsi Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Nugraha, M.J., Wahyudi A, dan Gunardi, I. 2013. Pembuatan Fuel dari Liquid Hasil Pirolisis Plastik Polipropilen melalui Proses Reforming dengan Katalis NiO/Γ-Al2O3. Jurnal Teknik Pomits. 2(2), 299- 302.

Nurhasanah, Eni. 2008. Perancangan Alat untuk Membuat Asap Cair dari Tempurung Kelapa dan Karakterisasinya. Tesis Magister. Institut Teknologi Bandung. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.